Bahayakah Ibu Hamil Makan Nanas Muda

Diposting oleh : Obat Aborsi Cytotec Solusi Cara Gugurkan Kandungan

Buah Nanas adalah tumbuhan tropis yang berasal dari Brazil, Bolivia, dan Paraguay. Dalam bahasa Inggris buahnya disebut sebagai pineapple karena bentuknya yang seperti pohon pinus. Buah ini memiliki mata yang banyak dan memiliki warna kuning keemasaan dengan tinggi pohon sekitar 50-150 cm. Tak hanya buahnya saja yang berkhasiat, tetapi bagian lain dari  nanas juga berkhasiat seperti, kulit yang berfungsi untuk membersihkan  batu marmer. Daun nanas berfungsi sebagai piretik (penurun panas). Lantas kita selalu berpikir tentang kandungan apa yang ada pada buah nanas ? diantaranya adalah Vitamin C yang cukup tinggi atau sekitar 12 mg dalam 78 gr nanas.

nanas muda

Kandungan  Nutrisi Pada Buah Nanas
  1. Mengandung Vitamin A dan C sebagai antioksidan.
  2. Kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, dekstrosa, sukrosa.
  3. Bromelain diketahui berkhasiat sebagai anti radang, membantu melunakkan makanan di lambung, serta menghambat pertumbuhan sel kanker.
  4. Aspartic acid yang berfungsi sebagai asam amino di dalam tubuh sehingga membantu proses metabolisme tubuh. Asam ini juga membantu membuang asam amonia di dalam tubuh, yang merupakan racun berbahaya bagi sistem saraf pusat. Kandungan serat pada buah nanas juga dapat mempermudah buang air besar pada penderita sembelit. Penelitian bahkan menyebutkan nanas mempunyai asam amino esensial dan non esensial untuk membantu memperkuat sistem imun dalam tubuh, mengatasi kelelahan dan meningkatkan stamina dan energi
  5. Nanas juga  mengandung phitochemical yang baik untuk kesehatan. Phitochemical adalah zat, bukan gizi yang dapat dijumpai pada tumbuhan yang memilki aktifitas biologi yang menguntungkan tubuh, yakni sebagai antioksidan. Selain itu nanas juga mengandung enzim bromelain yang dapat mengubah protein pada susu daging dan gelatin sehingga membuat bahan makanan menjadi basah. Karena sifatnya itu, nanas dapat mengempukan daging dengan meletakkan potongan nanas di atasnya
Buah nanas kaya nutrisi yang dibutuhkan untuk mempertahankan kesehatan organ tubuh bagian dalam tetapi tak dapat dipungkiri jika nanas juga dapat berbahaya bagi wanita sedang hamil. Mari kita bahas beberapa Bahaya kandungan nanas bagi ibu yang sedang hamil yang dapat membahayakan. Nanas muda mengandung abortivum atau sejenis Obat Penggugur Kandungan yang membahayakan setiap ibu hamil. Karena itu, nanas dapat digunakan untuk melancarkan terlambat haid, dan perempuan hamil dilarang mengkonsumsi nanas muda.

Bahaya Buah Nanas Bagi Ibu Hamil
Fakta di masyarakat memang menunjukkan bahwa banyak Ibu hamil yang memang takut mengkonsumsi buah nanas selama masa kehamilan karena banyak yang mengatakan akan menyebabkan keguguran pada kandungan. Meskipun fakta lain juga menunjukkan bahwa buah nanas juga mengandung vitamin B6 yang dapat mencegah mual dan muntah pada Ibu hamil. Berkaitan dengan fakta tersebut, berikut bahaya nanas untuk Ibu hamil, antara lain:
  1. Pemicu Kontraksi - Bahaya pertama buah nanas bagi Ibu hamil ialah pemicu terjadinya kontraksi. Hal ini dikarenakan buah nanas dapat menyebabkan janin lebih baik bergerak dan mendesak terjadinya kontraksi disebabkan efek nanas yang memberikan rasa panas pada bayi. Kondisi ini tentunya juga tidak akan membuat nyaman sang Ibu sendiri. Meskipun efek tersebut benar-benar muncul dan terjadi ketika Ibu hamil mengkonsumsi nanas dalam jumlah besar, tetapi secara medis pun memang dilarang mengkonsumsi buah nanas apalagi bila mendekati tanda-tanda akan melahirkan karena dapat menyebabkan kondisi calon bayi terganggu.
  2. Menyebabkan Diare - Bahaya kedua buah nanas bagi Ibu ialah menyebabkan diare saat hamil. Hal ini dikarenakan Ibu hamil mengkonsumsi nanas terlalu banyak dan adanya kandungan bromelain yang memang dimiliki nanas untuk mengatasi masalah sembelit. Sebaiknya ibu hamil menghindari risiko bahaya diare pada ibu hamil. Namun apabila dikonsumsi secara berlebih oleh Ibu hamil, maka akan menyebabkan diare, bahkan dapat membantu melembutkan leher rahim sehingga mengakibatkan kelahiran bayi premature.
  3. Mendorong Kelahiran Bayi Premature - Bahaya ketiga buah nanas bagi Ibu hamil ialah mendorong kelahiran bayi premature atau bayi lahir kurang bulan. Hal senada sudah dijelaskan pada akhir penjelasan di poin 2 bahwa buah nanas dapat melembutkan leher rahim sang Ibu sehingga mengakibatkan kelahiran bayi premature karena adanya kandungan bromelain yang dimiliki oleh buah nanas. Meskipun secara medis hal ini dapat terjadi ketika Ibu hamil menghabiskan setidaknya 6 buah nanas.Tetapi keseringan mengkonsumsinya pada saat hamil walaupun tidak sampai 6 buah juga dapat meningkatkan resiko terjadi kelahiran bayi secara cepat atau premature.
  4. Meningkatkan Resiko Keguguran - Bahaya keempat buah nanas bagi Ibu hamil ialah meningkatkan resiko keguguran. Bahaya yang satu inilah yang biasanya sering diwanti-wanti di lingkungan masyarakat. Hal ini dikarenakan kandungan bromelain yang dimiliki oleh buah nanas, di mana kandungan tersebut dapat menyebabkan terjadinya kontraksi kuat pada bagian leher rahim sehingga Ibu hamil akan merasa seperti menerima induksi. Selain itu, kandungan bromelain juga memang bekerja untuk memecah protein yang menjadi bahan utama pembentuk tubuh janin sebagai proses perkembangan janin. Sedemikian sehingga tidak mengherankan apabila dapat menyebabkan efek keguguran ketika dikonsumsi secara berlebihan, dalam perkara ini banyak orang menganggap kalau buah nanas muda mitosnya bisa di buat untuk Cara Menggugurkan Kandungan secara alami.
  5. Meningkatkan Kadar Gula Darah - Bahaya kelima buah nanas bagi Ibu hamil ialah meningkatkan kadar gula darah. Sehingga secara keras buah nanas memang dilarang bagi Ibu hamil yang memiliki masalah penyakit diabetes atau diabetes gestasional. Bahaya diabetes saat hamil ditambah mengonsumsi nanas dikarenakan buah nanas memang mengandung kadar gula alami yang dapat memicu kenaikan kadar gula darah.
Dengan berbagai kandungan yang dimiliki, tidak mengherankan jika buah ini banyak memiliki khasiat untuk mengatasi penyakit. Diantaranya mengurangi keluarnya asam lambung yang berlebihan, membantu mencernakan makanan di lambung, antiradang, peluruh kencing (diuretik), membersihkan jaringan kulit yang mati (skin debridement), menghambat pertumbuhan sel kanker dan menghambat penggumpalan trombosit (agregasi platelet). Namun meskipun mitos Ibu hamil tidak memiliki masalah diabetes sekalipun, nanas tetap bukan buah yang dapat dikonsumsi secara sembarangan karena efek peningkatan kadar gula darah ini. Efek ini bisa saja menyebabkan masalah bagi janin, termasuk adanya resiko keguguran dan kelahiran premature sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya. Semoga Bermanfaat.

Baca Juga Artikel Terkait

Share on :
Rate this posting:
{[['', '']]}
{["Useless", "Boring", "Need more details", "Perfect"]}